Peradaban manusia telah mengalami kemajuan sampai sekarang. Selama kemajuan itu, berkembang juga globalisasi. Globalisasi berdampak juga pada banyak hal salah satunya adalah dunia fashion. Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer khususnya di pakaian, sepatu, atau aksesori yang menjadi mode referensi untuk sesuatu yang tren saat ini dalam tampilan dan berdandan seseorang. Perkembangan fashion di Indonesia yang semakin pesat, berdampak pada perekonomian negara yang membaik dan membuka peluang usaha bagi masyarakat Indonesia yang mampu berkreasi dan inovatif.

Usaha atau bisnis merupakan kegiatan menciptakan produk berupa barang jadi atau setengah jadi untuk memperoleh laba dan mensejahterakan orang-orang yang bekerja di dalamnya. Tujuan usaha adalah memperoleh laba maksimal yang mampu menutupi semua biaya yang digunakan dalam proses produksi.  Salah satu alat yang bisa dijadikan informasi yang tepat untuk menentukan tingkat laba yang diinginkan adalah Analisis Break-Even Point (Titik Impas). Analisis break even point sering disebut analisis biaya, volume, laba karena ini salah satu metode yang memiliki aturan-aturan logis dan sering digunakan dalam menganalisis hubungan antar biaya (cost), volume kegiatan (volume), dan keuntungan (profit). Dengan menggunakan Analisis break even point, pemilik usaha dapat mengetahui volume penjualan pada keadaan impas sehingga pemilik usaha dapat merencanakan volume penjualan yang harus dicapai agar memperoleh tingkat laba yang diinginkan.

Laba secara umum dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu biaya, harga jual produk, dan volume kegiatan. Ketiga faktor ini saling berkaitan satu sama lain karena biaya yang dikeluarkan akan menentukan harga jual dan faktor harga akan mempengaruhi volume penjualan dan pencapaian laba. Sedangkan perencanaan laba adalah pengembangan dari suatu rencana operasi untuk mencapai cita-cita dan tujuan perusahaan. Perencanaan laba berisikan langkah-langkah yang akan ditempuh perusahaan untuk mencapai target laba yang diinginkan. Salah satu perencanaan yang harus dibuat oleh pengusaha adalah perencanaan laba.  Perencanaan laba dipengaruhi perencanaan penjualan dan perencanaan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *