Walaupun sudah manula sebaiknya tetap aktif dalam kehidupan sehari-harinya, karena dengan terus aktif sangat penting bagi kesehatannya. Misalnya dengan melakukan olahraga yang ringan dan teratur, dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti, diabetes, jantung, kanker, dan lain sebagainya. Walaupun demikian, buat para manula pilihlah olahraga yang emang cocok dan aman baginya, karena tubuh manula tidak sama dengan tubuh orang muda. Kalau perlu berkonsultasi dulu ke dokter dalam memilih jenis olahraga yang akan dilakukannya.

Berikut beberapa jenis olahraga yang cocok untuk manula :

Melatih Daya Tahan Tubuh

Para manula bisa melatih daya tahan tubuhnya agar supaya tubuh menjadi kuat, tidak mudah lelah dan sakit-sakitan. Misalnya dengan olahraga : Berjalan cepat, Berenang, dan Tenis.

Melatih Keseimbangan Kaki

Latihan ini dapat membantu memperkuat otot paha, bokong, otot punggung bawah, dan pinggul. Caranya ialah untuk sisi kaki, berdiri di belakang kursi dan tahan dengan seimbang. Angkat satu kaki ke samping, jaga benar-benar selaras dari tumit ke pinggul, sambil mempertahankan langsung kembali dan sedikit membungkuk, kemudian perlahan-lahan turunkan kaki.

Aerobik

Olahraga ini dapat membantu para manula untuk membakar kalori, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga pergerakan sendi, dan meningkatkan energi secara keseluruhan.

Push – Up

Olahraga ini sangat baik untuk melatih otot-otot di lengan, bahu, dan dada supaya kuat. Tapi karena biasanya para manula sudah tidak bisa lagi melakukan push up sebagaimana mestinya, maka gerakan push up ini bisa dimodifikasi seperti push up ke dinding.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang cocok bagi para manula. Akhir kata cukup sekian, semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *