Telah diketahui bahwa secara formal bantuan luar negeri dapat digunakan sebagai

Dampak Positif

  1. Sumber keuangan yang memainkan peranan penting bagi negara berkembang. Khususnya untuk melengkapi kekurangan sumber daya di bidang devisa atau tabungan dalam negeri.
  2. Bantuan luar negeri juga dianggap dapat mempermudah dan mempercepat proses pembangunan dengan meningkatkan tabungan luar negeri sebagai hasil dari tingkat pertumbuhan yang tinggi.
  3. Bahkan bantuan luar negeri dilengkapi dengan “bantuan teknik (technical assistance)” dalam bentuk transfer tenaga kerja yang berkeahlian tinggi untuk menjamin bahwa sejumlah dana bantuan tersebut benar-benar digunakan secara tepat sesuai yang disepakati.
  4. Sebagian pakar berpendapat bahwa bantuan luar negeri telah mendorong pertumbuhan dan transformasi struktural di banyak negara berkembang

Dampak Negative

  1. Sebagian lagi berargumen bahwa bantuan luar negeri tidak medorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat tetapi justru memperlambat pertumbuhan ekonomi akibat adanya substitusi terhadap investasi dan tabungan dalam negeri dan memperburuk defisit neraca pembayaran negara-negara berkembang sebagai akibat meningkatnya kewajiban untuk membayar hutang dan dikaitkannya bantuan dengan barang-barang ekspor negara-negara donor.
  2. Jika melihat definisi dari Theotonio Des Santos tentang ketergantunga bantuan luar negeri memang menimbulkan sebuah ketergantungan bagi negara penerima. Bantuan luar negeri yang porsi terbesarnya adalah harus dikembalikan (sebut: utang) tentunya akan membebani APBN suatu negara akibat besarnya alokasi untuk pembayaran utang. Hal ini menyebabkan menurunnya alokasi lain untuk pos pengeluaran yang lebih penting seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.
  3. Adanya motif-motif politik yang bisa saja mengangu stabilitas negara penerima bantuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *