Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Karena dengan memiliki rumah, manusia bisa terlindung dari sengatan matahari pada siang hari, terlidung dinginnya angin pada malam hari, terlindung dari hujan, terlindung dari gangguan binatang liar, dan lain sebagainya. Dengan rumah juga manusia bisa beristirahat serta tidur dengan tenang, bisa bercengkrama dengan keluarga tercinta, dan lain sebagainya. Sehingga keberadaan rumah ini sangat penting bagi manusia.

Dengan begitu, setiap orang dituntut untuk memiliki rumah. Bagi anda yang pada saat ini akan membuat rumah, tetapi masih bingung untuk mencari desain yang bagus dan cocok dengan selera anda. Karena bagaimanapun desain ini sangat penting dalam membangun sebuah rumah. Karena desain rumah ini berhubungan erat dengan kenyamanan bagi para penghuninya nanti. Selain itu desain ini juga bisa menjadi acuan bagi anda untuk menentukan konstruksi bangunan rumah nantinya. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa jenis desain rumah minimalis yang bagus sebagai berikut ini :

  1. Urban Home

Urban home ini merupakan konsep rumah yang dibangun di lahan yang tidak memiliki lebar yang cukup, tetapi mempunyai lahan yang memanjang ke belakang. Untuk urban home ini, menggunakan lahan kira-kira selebar 4 hingga  meter dengan panjang di atas 10 meter. Dan biasanya untuk rumah urban didesain dengan 2 atau 3 lantai, sesuai dengan kebutuhan ruang penghuni rumah yang ruang-ruang dibagi menjadi beberapa zonasi. Zonasi publik dan semi publik bisa ditempatkan di lantai pertama, sedangkan untuk lantai kedua dan ketiga bisa dimanfaatkan untuk ruang privat.

Lahan yang memanjang juga, anda bisa menata ruang-ruang secara linear dan diman sirkulasi ini akan menjadi sirkulasi lurus. Sedangkan utnuk bentuk tangganya pun harus menyesuaikan, dengan memasang tangga yang lurus atau tangga L si sisi dinding rumah yang memungkinkan. Untuk ruang makan dan dapur, anda juga bisa meletakkan satu toilet kecil di lantai satu untuk kebutuhan servis. Dan lantai berikutnya, kamar bisa disusun berdekatan dengan kamar mandidanuntuk salah satu kamar tidur bisa dimanfaatkan sebagai kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam.

  1. Minimalis Dengan Mushola

Mungkin kebanyakan orang sangat jarang yang memikirkan adanya mushola atau tempat khusus beribadah di dalam rumahnya. Padahal keberadaan mushola ini sangat penting bagi kenyamanan para penghuninya, karena dengan adanya mushola ini berarti para penghuninya adalah orang-orang sangat mementingkan ibadah sehingga suasana rumah menjadi lebih hangat dan religius. Untuk itu alokasikan sedikit ruang untuk mushola di rumah anda. Dalam hal ini anda bisa meletakkan mushola tersebut di dekat ruang keluarga atau ruang makan supaya mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga.

  1. Sederhana Namun Mewah

Rumah yang mewah itu tidak harus yang besar, namun rumah yang kecil pun jika ditata dengan baik maka hasilnya akan nampak mewah. Dalam hal ini penekanan konsep mewah bisa anda aplikasikan di ruang semi publik, seperti ruang makan, ruang keluarga. Dimana ruangan tersebut paling sering digunakan untuk tempat berkumpulnya keluarga. Di ruangan-ruangan tersebut anda bisa membuat sedikit akses yang unik dan menarik seperti adanya minibar. Selain itu di bagian kamar mandi utama anda bisa menekankan konsep mewah tersebut, seperti dengan menambahkan bathup.

Demikianlah uraian kali ini semoga ada guna dan manfaatnya, khususnya bagi anda yang akan membuat rumah sehingga tulisan ini bisa menjadi referensi bagi sebelum membangun rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *